Sabtu, 05 Januari 2013

Hewan Hewan Hybrid

Hybrid, atau hibrida merupakan merupakan generasi hasil persilangan antara dua atau lebih populasi yang berbeda, baik fenotipe maupun genotipenya. Pengertian ini dapat mencakup generasi langsung (dekat) hasil persilangan, ataupun generasi lanjut hasil segregasi dari persilangan tersebut. Perkawinan silang ini sebenarnya dapat dilakukan secara sengaja (oleh manusia) maupun secara alami. Berikut uniknya.com merangkum 5 binatang hasil persilangan antar jenis atau lebih dikenal dengan istilah hibrida:

1. Parrot Cichlid Merah

Mungkin perkawinan silang sudah lumrah apabila dilakukan di dunia ikan, namun yang satu ini salah satu yang memukau perhatian para pecinta ikan hias. Parrot cichlid merah merupakan hasil persilangan antara ikan severum dengan red devil chiclid. Hasilnya sangat memukau, memiliki paruh yang menyerupai mulut. Dan salah satu yang menyibukkan para pemiliknya adalah pola makannya yang sangat rakus, maka tidak aneh apabila meskipun hewan ini memiliki keindahan tertentu namun banyak pula yang tidak menyukai bahkan melarang hibrida ikan yang satu ini beredar di pasar ikan hias.


2. Liger (Singa dan macan)


Mungkin ini salah satu hibrida yang melibatkan dua hewan karnivora yang dikenal sebagai penguasa rimba. Liger merupakan binatang hibrida hasil perkawinan silang antara singa dan macan betina. Dua orangtuanya yang merupakan kucing besar terkuat di jenis dan kelasnya, mewariskan dua kekuatannya pula pada liger. Ia memiliki kemampuan untuk berenang layaknya macan, dan suka bersosialisasi/berkelompok layaknya singa. Satu binatang hibrida yang menyerupainya adalah tigon (macan jantang dan singa betina). Wow, tidak terbayang kekuatan hibrida yang satu ini.

3. Yakow atau Dzo (yak/sapi liar Himalaya dan sapi ternak)
Perkawinan silang antara yak yang dikenal sebagai sapi domestik Pegunungan Himalaya dengan sapi ternak biasa, menghasilkan sapi hibrida yang luar biasa. Kekuatan dan besar tubuhnya melebihi kedua orangtuanya. Nama lain dari sapi yakow ini adalah dzo, disebut demikian karena sapi hibrida ini sering digunakan sebagai alat transportasi warga sekitar Pegunungan Himalaya, saking kuat dan tangguhnya berjalan menanjak dengan memikul beban yang berat.

4. Kucing Savannah (kucing hutan dan kucing rumahan)
Kucing savannah merupakan kucing terbesar di dalam jenis dan keluarganya, karena dilahirkan dari sebuah perkawinan silang antara kucing hutan Afrika dengan kucing rumahan. Meskipun mewarisi keliaran dan kekuatan kucing hutan, kucing savannah ini sangat setia kepada majikannya dan ramah terhadap orang asing yang ada di sekitarnya.

5. Beruang Grolar (beruang grizzly dan beruang kutub)
Beruang grolar ataupun dikenal juga dengan sebutan beruang prizzly, merupakan hewan hibrida hasil perkawinan antara beruang grizzly dengan beruang kutub. Namun selain merupakan hasil hibrida diduga di lingkungan liarnya pun sudah terjadi perkawinan silang. Kali pertama diketahui perkawinan silang pada kedua jenis beruang ini yakni pada 2006, ketika seekor beruang aneh yang tertembak di Banks Island kawasan Kutub Utara, Kanada.

6. Wholphin
wholphin
Wholphin adalah salah satu kekayaan yang dipunya alam bawah laut. Dia adalah hasil perkawinan silang antara lumba-lumba kepala botol Atlantik dengan ikan paus. Wholpin kini hidup di Sea Life Park, Hawaii. Ukuran Wholpin kurang lebih sama seperti spesies orang tua mereka, meski demikian jumlah gigi yang mereka miliki tidak sama. Jika lumba-lumba kepala botol memiliki 88 gigi, ikan paus memiliki 44 gigi, sementara Wholphin memiliki 66 gigi.
7. Dzo
hybriddzo

Dzo atau yakow adalah Hybrid dari sapi, dan didapat dari perkawinan silang antara Yak dengan sapi domestik. Binatang yang dihasilkan jauh lebih besar daripada sapi atau yak, dan dianggap jauh lebih produktif dalam produksi susu dan produksi daging. Hewan-hewan ini awalnya dibesarkan di Tibet dan Mongolia sebagai hewan pekerja, karena mereka jauh lebih kuat daripada orang tua mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar